15 Poin Kisi-Kisi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Lengkap

 15 Poin Kisi-Kisi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Lengkap

IDCPNS – Jakarta, Diantara 3 tes saat CPNS yaitu antara TWK, TIU dan TKP, mayoritas mengatakan jika tes TKP adalah tes yang paling sukar dipelajari karena tidak ada rumusnya. Di tes ini, masing-masing jawaban memiliki nilai yang berbeda-beda yaitu 1-5. Nilai tersebut berdasarkan pada ketepatan jawaban mengenai kompetensi dasar karakteristik kepribadian. Dalam kompetensi dasar di tes ini, setidaknya mencakup 15 poin seperti berikut ini.

1. Materi TKP Integritas Diri

Aspek ini berpengaruh pada kualitas kepribadian seseorang. Tujuan dari tes integritas diri adalah untuk mengukur ketulusan hati atau kebaikan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, tes ini akan menjadi salah satu acuan untuk mengetahui kesesuaian antara tingkah laku dan perkataan dari peserta.

2. Kejujuran

Soal dengan aspek kejujuran diperuntukkan mengukur tingkat dari kejujuran berdasarkan pada norma yang dianut. Beberapa diantaranya yang termasuk aspek kejujuran adalah tidak melakukan kecurangan, ketulusan hati dalam perbuatan.


3. Materi TKP Tanggung Jawab

Aspek tanggung jawab ini untuk mengukur tingkat dari kedewasaan atau mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan dan diucapkan. Artinya, setiap individu yang melakukan perbuatan tersebut berani untuk menanggung resikonya.

4. Kemampuan Beradaptasi

Aspek ini diuji untuk mengukur tingkat dari kedewasaan Anda dalam beradaptasi atau menyesuaikan diri. Adaptasi tersebut tidak hanya pada lingkungan, melainkan suasana, rekan kerja, peraturan dan hal baru yang lainnya. Indikasi dari aspek ini juga menyangkut mengenai apakah Anda menyukai perubahan dan berpikiran maju atau tidak.

5. Materi TKP Pengendalian Diri

Aspek pengendalian diri ini menguji bagaimana sikap Anda dalam menghadapi situasi tertentu khususnya situasi yang cenderung memicu emosi.

6. Semangat Berprestasi

Seorang CPNS memerlukan sifat yang haus akan prestasi. Karena hal tersebut dalam tes TKP terdapat soal aspek semangat berprestasi. Tujuannya adalah untuk mengukur motivasi dan kekuatan tekad Anda dalam melaksanakan tugas dengan baik sehingga dapat meraih target tertentu.

7. Materi TKP Inisiatif

Aspek ini merupakan perubahan yang terjadi atas tindakan sendiri. Hampir sama dengan kreativitas kerja namun inisiatif lebih ke ide yang akan diterapkan dalam suatu perbuatan.

8. Kreativitas dan Inovasi

Tujuan dari poin tes TKP ini adalah untuk mengukur apakah Anda mempunyai suatu daya cipta atau kreativitas untuk sesuatu yang baru. Inovasi ini bisa berbentuk fisik, sistem, cara melakukannya ataupun yang lainnya.

9. Materi TKP Ketekunan

Untuk menjadi ASN, maka Anda harus tekun karena Anda akan melayani masyarakat yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan adanya tes TKP beraspek ketekunan, maka bisa membantu untuk mengukur apakah Anda orang yang tekun atau tidak.

10. Orientasi pada Pelayanan

Hampir sama dengan ketekunan namun aspek ini mengukur mengenai kesigapan atas tugas dan pelayanan yang Anda berikan untuk orang lain atau ke masyarakat.

11. Materi TKP Penghargaan terhadap Orang Lain

Aspek ini bertujuan untuk mengukur kedewasaan Anda, apakah Anda menghargai orang lain atau tidak. Penghargaan tersebut bisa berupa pendapat, kapasitas, entitas, ataupun eksistensi.

12. Ketegasan

Tujuan dari aspek ini adalah untuk mengukur apakah Anda kuat dalam pendirian keputusan terutama di situasi yang sangat susah. Apalagi jika Anda merupakan atasan dan keputusan Anda sangat vital.

13. Materi TKP Kepercayaan Diri

Tujuan soal tentang aspek ini adalah untuk mengukur apakah Anda memiliki rasa percaya diri atau tidak. khususnya dalam pengambilan keputusan.

14. Toleransi

Tujuan soal dengan aspek toleransi adalah untuk mengukur kedewasaan dalam bertoleransi.

15. Materi TKP Kepedulian Lingkungan

Soal yang menyangkut kepedulian lingkungan bertujuan untuk tahu tingkat kedewasaan dari sikap Anda terutama dalam mengambil tindakan yang bersangkutan tentang lingkungan.

Itulah 15 poin penting dalam tes TKP. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan semoga beruntung saat mengerjakan soal ujian!


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *