5 Cara Mudah Verifikasi NIK KTP di Dukcapil

 5 Cara Mudah Verifikasi NIK KTP di Dukcapil

Verifikasi NIK Dukcapil sering kali dianggap sepele dan terlewatkan oleh para peserta seleksi CPNS. Padahal pengecekan ini ada pada saat seleksi administrasi, dan tidak jarang peserta yang gagal di seleksi administrasi salah satu alasannya adalah NIK tidak terdaftar di Dukcapil.

Ada beberapa alasan mengapa NIK KTP belum terdaftar di Dukcapil, salah satunya adalah Dukcapil Kota/Kab tempat peserta tinggal, belum melakukan update database / sinkronisasi ke Dukcapil Pusat. Untuk mengetahui apakah NIK kita sudah valid di Dukcapil, yuk simak 5 cara mudah verifikasi NIK di Dukcapil berikut:

1. Cara Verifikasi NIK melalui WhatsApp

Anda dapat melakukan pengecekan NIK secara online melalui aplikasi WhatsApp dengan format berikut:


#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Permasalahan

Kirim pesan tersebut ke nomor 08118005373

2. Cara Verifikasi NIK melalui SMS

Selain itu, Anda dapat melakukan pengecekan melalui SMS ke nomor 08118005373 dengan format Cek#KTP#NIK.

3. Cara Verifikasi NIK melalui FB dan Twitter

Cara selanjutnya adalah Anda dapat melakukan verifikasi melalui akun resmi Dukcapil di Facebook atau Twitter. Yang perlu diketahui, Akun facebook resmi Disdukcapil ‘Halo Dukcapil’, sedangkan untuk akun Twitter resmi Disdukcapil ‘@ccdukcapil’.

4. Cara Verifikasi NIK melalui Call Center Dukcapil

Apabila Anda membutuhkan respon yang cepat, Anda dapat menghubungi Call Center Halo Dukcapil di nomor 15000-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri.

5. Cara Verifikasi NIK melalui Situs Pemerintah

Dan yang terakhir, Anda dapat melakukan pengecekan melalui situs dukcapil di masing-masing daerah kota/kabupaten Anda. Beberapa daerah yang menyediakan layanan cek NIK KTP secara online antara lain Kota Surabaya, Kota Bandung, Kota Solo, Kota Kendal, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Brebes.

Anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci Dukcapil disertai kota domisili Anda sesuai KTP. 

Setelah itu, kunjungi situs Dukcapil kota/kabupaten. Lalu, masukkan NIK serta data lainnya dan tinggal ikuti langkah-langkah yang diminta.


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *