Formasi CPNS Lulusan SMA 2021 dengan Penetapan Terbaru

 Formasi CPNS Lulusan SMA 2021 dengan Penetapan Terbaru

Formasi CPNS Lulusan SMA 2021 dengan Penetapan Terbaru

Seleksi CPNS 2021 dibuka, pemerintah mengalokasikan formasi CPNS lulusan SMA, dengan jumlah tidak sedikit, dari tingkat pusat sampai daerah. Pada tahun ini, berbagai jenis formasi dibuka mulai dari Sekolah Kedinasan, CPNS, PPPK non guru, dan PPPK guru.

Aturan Terkait Formasi CPNS Lulusan SMA

Terdapat 56 kementerian dan lembaga, 504 pemerintah kabupaten serta kota, dan 34 pemerintah provinsi yang menyelenggarakan seleksi CPNS 2021. Ada juga delapan sekolah kedinasan yang akan melakukan penetapan formasi.

Kebutuhan aparatur sipil negara tahun 2021 yang disediakan pemerintah, baik untuk pemerintah pusat dan daerah berjumlah 1.275.387. Jumlah tersebut termasuk kebutuhan PPPK guru dan non guru, penyampaian kebutuhan ASN dipertimbangkan dari analisis jabatan dan beban kerja.


Jumlah itu dibagi lagi, yaitu instansi pemerintah pusat sejumlah 83.669 dan instansi pemerintah daerah sejumlah 1.191.718. Seleksi CPNS dan PPPK dibuka untuk jenjang pendidikan SMA sederajat, Diploma 3, Diploma 4, Strata 1, hingga Strata 2.

Bisa dikatakan, jumlah formasi CPNS lulusan SMA juga banyak dicari. Formasi CPNS bagi lulusan SMA, SMK, sederajat seperti pekerja sosial, penyulih kehutanan, polisi kehutanan, polisi pamong praja, pemadam kebakaran.

Formasi lainnya yaitu, pengamat gunung api, penjaga tahanan, pengawal narapidana, pengemudi tahanan, dan pengadministrasi perkara.

Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan merupakan kementerian yang bergerak dalam bidang urusan transportasi. Adapun, tugas yang diemban seperti merumuskan, menetapkan, serta melaksanakan kebijakan dalam bidang perhubungan.

Selain itu, mengelola kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kemenhub, mengawasi atau melaksanakan tugas dalam lingkungan kementerian ini. Kemenhub juga melaksanakan bimbingan teknis serta supervisi terhadap pelaksanaan urusan Kemenhub di daerah, serta melaksanakan kegiatan teknis skala nasional.

Adapun, formasiyang dibuka Kemenhub sejumlah 2.445 formasi dalam seleksi CPNS 2021, di antaranya terdapat formasi CPNS lulusan SMA. Berdasarkan akun Instagram @kemenhub151, jumlah formasi tersebut untuk seluruh unit kerja Kemenhub.

Adapun, unit kerja Kementerian Perhubungan seperti, sekretariat jenderal, direktorat jenderal (ditjen) perhubungan darat, inspektorat jenderal, ditjen perhubungan laut. Selain itu, ada ditjen perkeretaapian, badan litbang, BPSDMP, dan BPTJ.

Untuk mendaftar CPNS 2021 di Kemenhub, dibuka dari lulusan SMA hingga Strata II. Tetapi, sampai saat ini belum ada informasi dari Kemenhub, terkait rincian formasi yang diperlukan.

Formasi CPNS Lulusan SMA di Kemenkum HAM

Sesuai namanya, kementerian ini bergerak dalam bidang hukum dan hak asasi manusia, serta bertanggung jawab terhadap presiden. Adapun, tugas yang diemban seperti merumuskan, menetapkan, serta melaksanakan kebijakan pada bidang peraturan perundang-undangan, administrasi hukum umum, pemasyarakatan, keimigrasian.

Serta, dalam bidang kekayaan intelektual dan hak asasi manusia. Selain itu, melaksanakan pembinaan hukum nasional, melaksanakan kegiatan teknis berskala nasional, melaksanakan penelitian dalam bidang hukum dan hak asasi manusia.

Kemenkumham juga melakukan pengembangan sumber daya manusia dalam bidang hukum dan HAM. Tugas lainnya, pelaksanaan dukungan yang sifatnya substantif ke seluruh unsur organisasi pada lingkungan Kementerian Hukum dan hak asasi manusia.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), kurang lebih membuka kuota formasi sejumlah 4.500 dalam seleksi CPNS 2021. Umumnya, formasi yang dibuka Kemenkumham seperti, bidan, perawat, analis hukum, pranata komputer, pembimbing kemasyarakatan, pemeriksa keimigrasian dan penjaga tahanan.

Formasi CPNS lulusan SMA yang disediakan kementerian ini adalah penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian, merujuk pada seleksi CPNS 2019. Belum ada informasi yang menunjukkan, apakah formasi tersebut dapat dilamar kembali oleh lulusan SMA sederajat dalam seleksi CPNS 2021.

Kejaksaan RI

Seperti yang diketahui, Kejaksaan RI membuka 4.148 formasi untuk seleksi CPNS 2021, diantaranya ada formasi CPNS lulusan SMA. Menurut Katarina Endang Sarwestri selaku Kepala Biro Kejaksaan RI.

Ada dua jabatan yang dibuka dalam formasi CPNS lulusan SMA untuk CPNS kejaksaan 2021. Jabatan itu adalah tenaga administrasi penanganan perkara yang dibuka sejumlah 496 formasi. Selain itu, ada pengawal tahanan atau narapidana yang dibuka sebanyak 494 formasi. Tugas dari pengawal tahanan yaitu mempersiapkan, menjaga, mengawal, serta mengamankan tahanan, dimulai dari penyelidikan, penuntutan.

Jadi, mengawal hingga pemeriksaan dalam sidang pengadilan sampai proses eksekusinya. Pelaksanaan tugas ini disesuaikan dengan surat perintah yang dikeluarkan kejaksaan republik Indonesia.

Bisa dikatakan, jenis pekerjaan pengawal tahanan merupakan pegawai tata usaha. Adapun, personil pegawal tahanan terdiri dari komandan regu, wakil komandan regu, serta anggota dan pengemudi kendaraan tahanan.

Basarnas

Adapun, formasi CPNS lulusan SMA yang dibuka Basarnas sejumlah 248 untuk CPNS 2021. Posisi tersebut seperti, rescuer pemula yang membutuhkan 189 orang berlatar belakang SMA/SMK atau sederajat yang mempunyai sertifikat renang/selam/pelatihan SAR.

Kedua, nahkoda kapal kelas 1 yang diperlukan sebanyak satu orang dengan pendidikan SMA/SMK pelayaran, serta mempunyai sertifikat ANT IV. Ketiga, mualim 1 kapal kelas 2 yang membutuhkan dua orang dari pendidikan SMA/SMK pelayaran, yang memiliki sertifikat ANT IV.

Keempat, mualim II kapal kelas II, posisi ini memerlukan satu orang yang berpendidikan sederajat dan memiliki sertifikat ANT V. Kelima, mualim I kapal kelas IV, dibutuhkan 3 orang dengan pendidikan SMA/SMK yang mempunyai sertifikat ANT-D untuk posisi ini.

Keenam, masinis II kapal kelas II, posisi ini dibuka untuk enam orang yang bersertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V. Ketujuh, masinis I kapal kelas III, memerlukan satu orang untuk posisi ini, serta memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

Kedelapan, masinis I kapal kelas IV, untuk empat orang dengan pendidikan SMA sederajat dan mempunyai sertifikat ahli tingkat tinggi. Kesembilan, markonis berjumlah satu orang berpendidikan SMA/SMK pelayaran (nautika), bersertifikat Basic Safety Training (BTS) dan Operator Radio Umum (ORU).

Kesepuluh, kelasi kapal kelas II dibutuhkan 10 orang berpendidikan SMA sederajat dengan mengantongi sertifikat ANT-D. Kesebelas, juru mudi yang dibuka untuk 21 orang dengan bersertifikat ANT-D.

Kedua belas, juru minyak yang dibuka untuk sembilan orang dengan kualifikasi pendidikan SMA/SMK sederajat dan mempunyai sertifikat ANT-D.

Beberapa instansi telah mengumumkan formasi CPNS lulusan SMA dan jumlah orang yang dibutuhkan, untuk seleksi CPNS 2021. Namun, ada juga instansi yang belum mengumumkan jumlah rincian formasi yang dibutuhkan, jadi Anda tetap update informasi.


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *