Ketahui 6 Poin Penting Materi TWK untuk Pengetahuan Pancasila

 Ketahui 6 Poin Penting Materi TWK untuk Pengetahuan Pancasila

IDCPNS, Jakarta – Pancasila menjadi dasar Negara Indonesia dan menjadi salah satu poin materi TWK yang sering diberikan pada pelatihan, ujian, atau berbagai seleksi. Tidak heran jika semua yang tinggal di Indonesia setidaknya harus tahu mengenai isi Pancasila. Khusus untuk yang ingin masuk universitas seperti STAN ataupun menjadi ASN, maka Anda harus bisa lulus ujian seperti TWK (tes wawasan kebangsaan). Agar Anda lulus, ada 6 poin penting dalam TWK yang harus Anda ketahui.

Materi TWK Arti dan Pengertian Ideologi

Walaupun hampir semua masyarakat di Indonesia tahu apa itu Pancasila, namun sedikit yang tahu mengenai ideologi Pancasila. Pada dasarnya, ideology berasal dari 2 kata yaitu idea yang berarti konsep, pemikiran, gagasan dan logos yang artinya pengetahuan. Sederhananya, ideologi bisa diartikan sebagai pengetahuan mengenai ide, gagasan atau keyakinan.

Sedangkan jika diartikan secara luas, ideologi merupakan seperangkat prinsip yang dijadikan sebagai dasar untuk memberikan arah serta tujuan tertentu yang ingin dicapai. Karena hal tersebut ideologi Pancasila dapat diartikan juga sebagai kumpulan norma atua nilai yang berdasarkan pada sila Pancasila.


Materi TWK Dasar dan Ideologi NKRI

Pancasila tidak hanya menjadi dasar Negara di Indonesia namun juga sebagai ideologi dan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Pancasila merupakan dasar Negara. Hal tersebut tercantum pada pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Pancasila juga merupakan ideologi dari bangsa Indonesia. Ini karena dalam Pancasila terdapat sitem nilai untuk individu ataupun kebersamaan yang dipandang sebagai prinsip untuk hidup ideal. Dengan kata lain, nilai yang terkandung dalam sila Pancasila tersebut merupakan cita-cita bagi bangsa dan Negara dan dalam kehidupan masyarakat untuk diwujudkan. Dengan begitu, kehidupan aman, damai dan tentram bisa terwujud.

Pancasila juga merupakan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk di berbagai kehidupan di Indonesia. Dengan nilai atau sila yang ada di Pancasila tersebut memiliki dan memberikan arah dan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Materi TWK Sejarah Perumusan Pancasila

Pancasila tidak akan bisa menjadi dasar Negara Indonesia seperti saat ini bila tidak diusulkan oleh 3 tokoh penting ini saat sidang pertama BPUPKI. Tokoh tersebut adalah Muh. Yamin, Soepomo, Ir. Soekarno.

Dari rumusan yang disampaikan tersebut, panitia Sembilan berhasi menyusun piagam yang disebut dengan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Dalam piagam tersebut terdapat rumusan Pancasila seperti yang Anda kenal hingga saat ini kecuali sila pertama. Rumusan sila pertama tersebut dirubah sebelum pengesahan UUD 1945.

Materi TWK Nilai-Nilai Pancasila

Dalam materi TWK, Anda tidak hanya harus hafal mengenai sila Pancasila, namun juga nilai yang terkandung dalam sila tersebut. Beberapa nilai dari Pancasila yaitu:

  • Sila Pertama: Negara melindungi rakyatnya untuk beribadah berdasarkan dengan agama dan kepercayaannya.
  • Sila kedua: Mengembangkan sikap yang saling mencintai antar sesamamanusia.
  • Sila ketiga: Sanggup dan rela untuk berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara.
  • Sila keempat: Selalu mengutamakan suatu musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah.
  • Sila kelima: Memupuk sikap yang saling menghormati dan adil ke sesamamanusia.

Pebandingan Ideologi

Dalam TWK, biasanya terdapat soal yang menjebak, misalnya membandingkan ideologi antara komunisme, liberalisme dan Pancasila. Sepele namun bisa membuat Anda salah memilih. Misalnya ideologi komunisme adalah nasional ditolak, untuk liberalism nasional diabaikan dan untuk Pancasila, nasionalisme dijunjung tinggi.

Sikap Positif terhadap Pancasila

Dalam soal materi TWK, Anda juga akan mendapati materi mengenai contoh sikap positif akan Pancasila. Tidak hanya untuk kehidupan politik, namun juga untuk ekonomi dan kehidupan lokal.

Itulah 6 point penting soal TWK mengenai Pancasila yang harus ANda tahu. Semoga informasi tersebut membantu Anda.


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *