Materi Kisi-Kisi TIU dan TWK dalam 4 Poin Lengkap

 Materi Kisi-Kisi TIU dan TWK dalam 4 Poin Lengkap

IDCPNS – Jakarta, Materi kisi-kisi TIU dan TWK adalah salah satu materi di dalam tes seleksi CPNS. Dalam tes SKD saat ujian CPNS, terdapat 3 tes utama yaitu TWK, TKP dan TIU. TKP merupakan tes yang menyangkut mengenai karakter dan kepribadian Anda. TKW atau tes wawasan kebangsaan yang berjumlah 30 soal mengenai kebangsaan misalnya yang bersangkutan dengan Pancasila. Sedangkan Tes Intelegensia Umum atau TIU yang memiliki 35 soal mengenai kemampuan verbal, numerik dan figural.

Materi Kisi-Kisi TIU dan TWK I: Tes Wawasan Kebangsaan

Inilah beberapa bahasan tentang materi kisi-kisi TIU dan TWK. Agar Anda dapat dengan mudah lolos dan mendapatkan nilai yang baik dalam tes wawancara kebangsaan (TWK), ada 4 hal yang harus Anda ketahui. 4 poin penting tersebut adalah:

1. Pancasila

Pada tes yang menyangkut mengenai Pancasila, bisa berkaitan dengan ideologi, sejarah, ataupun nilai-nilai yang berkaitan dengan Pancasila. Misalnya mengenai kebebasan untuk memeluk agama dan keyakinannya masing-masing.


2. Undang-Undang Dasar 1945

Soal TWK yang menyangkut UUD 1945 bisa menyangkut mengenai butir-butir UUD 1945 bisa juga mengenai pembukaan UUD 1945.

3. Bhineka Tunggal Ika

Beberapa materi yang menyangkut mengenai Bhineka Tunggal ika yang harus Anda tahu adalah:

  • Sejarah dari penemuan Bhineka Tunggal Ika.
  • Landasan hukum.
  • Lambang Negara dan artinya.
  • Konsep.
  • Prinsip Bhineka Tunggal Ika.
  • Prinsip yang terkandung di Dalam Bhineka Tunggal Ika. Misalnya toleransi, inklusif, konvergen, tidak bersifat formalitas semu, terbuka, konsistensi akan kedamaian dan kebersamaan, kesetaraan dan musyawarah mufakat.

4. NKRI

Beberapa materi kisi-kisi TIU dan TWK yang menyangkut mengenai NKRI, diantaranya adalah:

  • Sistem tata Negara di pemerintahan pusat dan daerah.
  • Sejarah dari perjuangan bangsa.
  • Peranan bangsa Indonesia tidak hanya di dalam negeri namun juga pada dunia.
  • Kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • HAM (hak asasi manusia).

Materi Kisi-Kisi Tes Intelegensia Umum

Seorang ASN tidak hanya harus tahu mengenai Indonesia, seperti sejarah, lambang Negara, dasar Negara namun juga memiliki kemampuan seperti memecahkan masalah dan verbal. Inilah bahasan tentang materi kisi-kisi TIU dan TWK,  terutama TIU. Dalam soal TIU yang jumlahnya hanya 30 soal ini, ada 4 poin penting yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1. Penalaran Verbal

Soal yang menyangkut penalaran verbal adalah mengenai sinonim, antonim dan analogi. Karena itu, jika Anda ingin lulus di ujian ini, Anda bisa lebih mempelajari bahasa Indonesia terutama 3 bahasan tersebut.

2. Penalaran Numerik

Penalaran numerik ini mengenai angka dan matematika. 3 pokok pembahasan yang keluar adalah mengenai aljabar, deret serta aritmatika.

3. Penalaran Logis

Penalaran logis ini menguji logika Anda dalam memahami suatu informasi atau pernyataan yang diberikan atau tertera pada soal. Polanya adalah Anda akan diminta untuk menentukan kesimpulan atas pernyataan singkat yang ada di soal. Namun, pastikan Anda menghindari opini pribadi untuk menyelesaikan soal tersebut karena jawabannya butuh analisis secara logis.

4. Penalaran Analitis

Soal mengenai analitis ini mengenai kemampuan Anda untuk mengurai suatu permasalahan dengan cara yang sistematik. Umumnya, jawabannya tidak terlihat langsung dalam suatu cerita sehingga Anda harus melakukan pemikiran secara logis dan nalar agar tahu jawabannya.

Terlihat susah namun ada trik sederhana yang bisa membantu Anda. Pertama, Anda harus mencermati dan memahami cerita. Usahakan fokus dan cermat kemudian beri tanda pada kata kunci yang ada di cerita. Agar lebih mudah, Anda bisa membuat ilustrasi gambar ataupun tabel.

Materi kisi-kisi TIU dan TWK yang akan keluar di ujian CPNS kurang lebih seperti uraian di atas. Agar Anda lebih mudah untuk menjawab soal tersebut, maka Anda bisa membiasakan atau berlatih soal mengenai soal TWK dan TIU. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda dan semoga sukses!


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *