Materi SKB Seleksi CPNS 2021 Sesuai Aturan Kemenpan-RB

 Materi SKB Seleksi CPNS 2021 Sesuai Aturan Kemenpan-RB

Materi SKB Seleksi CPNS 2021 Sesuai Aturan dari Kemenpan-RB

Setelah lulus SKD, pelamar CPNS akan menjalani Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), maka Anda perlu mempelajari materi SKB seleksi CPNS. Materi SKB tergantung kompetensi bidang atau formasi yang diambil masing-masing pelamar, untuk tahun 2021, SKB dilaksanakan dengan metode CAT.

Tahap Seleksi CPNS 2021

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, secara garis besar ada tiga. Hal ini penting untuk diketahui selain materi SKB seleksi CPNS.

Tahapan tersebut adalah seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Jika Anda dinyatakan lolos pada satu tahap, maka bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.


Agar bisa lolos pada semua tahapan seleksi, peserta harus mempersiapkan diri secara maksimal. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah menetapkan materi-materi yang diujikan dalam SKD dan SKB. Adapun, materi yang diujikan tersebut, tercantum dalam Permenpan-RB nomor 27 tahun 2021.

Definisi Seleksi Kompetensi Bidang dan Kisi-kisi yang Dipelajari

Sebelum mencari informasi mengenai materi SKB seleksi CPNS, perlu diketahui definisi SKB. Seleksi kompetensi bidang yaitu mengukur kesesuaian kompetensi bidang pada diri pelamar, dengan standar kompetensi bidang yang dibutuhkan suatu jabatan.

Pelamar CPNS akan menjalani seleksi SKB, jika dirinya dinyatakan lolos dalam tes seleksi kompetensi dasar. Agar bisa mengerjakan tes SKB, maka Anda harus memahami jabatan yang dilamar.

Karena ada dua jenis jabatan atau formasi yang mempengaruhi jenis soal, yaitu jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana. Kedua, pahami jenis jabatan yang dilamar, apakah termasuk jabatan fungsional tertentu atau bukan.

Penting sekali untuk mengetahui jenis jabatan yang dilamar, apakah termasuk JFT atau tidak. Adapun, jabatan yang termasuk JFT, seperti, dokter, guru, apoteker dan sebagainya.

Jika Anda masih bingung dalam mengetahui jenis jabatan, maka bisa mencari informasi lewat peraturan yang dikeluarkan Kemenpan RB. Ketiga, memahami jenis tugas pada jabatan yang dilamar, yang termasuk jabatan pelaksana.

Bagi pelamar CPNS yang memilih JP maka harus mempelajari jenis tugas pada jabatan tersebut. Adapun, profesi yang termasuk Jabatan Pelaksana (JP) seperti, analis akuntabilitas kinerja, analis kerja sama, dan lainnya.

Anda juga bisa mencari informasi mengenai peraturan Kemenpan RB nomor 25 tahun 2016 mengenai nomenklatur JP. Pada peraturan itu, tercantum deskripsi tugas JP, Anda mendapatkan gambaran jenis soal pada tahap SKB dengan mempelajari peraturan itu. Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) materi SKB juga tidak jauh dari peraturan tersebut.

Materi SKB Seleksi CPNS Utama dan Metode Tes

Adapun, materi SKB seleksi CPNS disusun berdasarkan masing-masing instansi jabatan fungsional, dan dilaksanakan dengan sistem CAT BKN. Bisa dikatakan, dua jenis materi dari seleksi kompetensi bidang yaitu jabatan fungsional dan jabatan pelaksana.

Materi pokok soal SKB mengenai jabatan fungsional dengan CAT, disusun instansi pembina jabatan fungsional. Namun, materi mengenai jabatan pelaksana bersifat teknis, dipakai dalam soal SKB yang bersesuaian dengan jabatan fungsional bersangkutan.

Badan kepegawaian negara menetapkan metode CAT dalam pelaksanaan SKD dan SKB pada seleksi CPNS 2021. Computer Assisted Test (CAT) adalah sistem seleksi yang dibantu dengan komputer untuk memperoleh lulusan yang sesuai standar minimal kompetensi.

Dalam rangka berlatih, peserta dapat melakukan simulasi CAT mandiri yang bisa diakses online bagi seluruh masyarakat Indonesia. Jadi, Anda bisa membuka laman http://cat.bkn.go.id/simulasi untuk berlatih mengerjakan ujian seleksi CPNS dengan metode CAT.

Materi SKB Seleksi CPNS Tambahan

Dalam materi SKB seleksi CPNS, instansi diperbolehkan memberikan seleksi kompetensi bidang tambahan seperti psikotes, tes potensial akademik. Selain itu, ada tes kemampuan bahasa asing, tes kesehatan jiwa, tes kesegaran jasmani, dan tes praktik kerja.

Psikotes adalah tes yang biasa diselenggarakan perusahaan maupun instansi untuk mengetahui watak calon karyawannya. Adapun, watak tersebut meliputi attitude, interest, personality, serta intelegensi.

Tes potensial akademik adalah tes psikologi yang bisa mengungkapkan pencapaian seseorang secara intelektual. Bisa dikatakan, tes ini mengungkapkan kualitas intelektual seseorang, sehingga sering dihubungkan dengan tinggi maupun rendahnya tingkat kecerdasan.

Adapun, tes kesegaran jasmani bertujuan mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang. Sementara, tes kemampuan bahasa asing bertujuan mengukur kemampuan berbahasa asing, tes bahasa asing disini adalah bahasa Inggris.

Tes kesehatan jiwa bertujuan memeriksa kondisi kejiwaan seseorang, dan tes praktik kerja berkaitan dengan bidang yang Anda pilih.

Tips Lulus Tes SKB 2021

Jadi, materi SKB seleksi CPNS akan disesuaikan dengan formasi atau jabatan yang dipilih, sehingga berbeda dengan soal SKD. Sebelum menjalani tes SKB CPNS, ada tips yang perlu Anda ketahui sebagai persiapan ujian.

Pertama, kenali jenis-jenis soal dalam tes SKB, terdapat delapan jenis soal SKB secara garis besar. Ada CAT, tes potensi akademik, tes bahasa asing, tes praktik kerja, tes kesehatan jiwa, psikotes, tes fisik, dan wawancara.

Setiap formasi akan mendapatkan jenis soal berbeda-beda. Biasanya pelamar akan menghadapi ujian CAT dengan soal-soal yang berkaitan dengan bidang yang dilamar. Tetapi ada beberapa formasi yang tidak berhadapan dengan ujian CAT. Contohnya, formasi penjaga tahanan dalam Kemenkumham, yang harus melalui ujian fisik atau kesamaptaan.

Ada juga formasi Basarnas yang mewajibkan pelamarnya tes keahlian berenang. Kedua, pahami formasi jabatan yang dituju, agar bisa mengetahui gambaran soal yang akan dikerjakan. Jabatan CPNS terdiri dari jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana. Maka Anda harus mengetahui formasi yang Anda lamar termasuk kategori mana.

Contoh formasi jabatan pelaksana adalah pranata pemadam kebakaran, petugas teknologi informatika, serta analis humas dan protokol. Adapun, formasi jabatan fungsional tertentu seperti dokter, teknisi penerbangan dan guru.

Agar dapat mengetahui materi SKB seleksi CPNS yang terkait dengan JFT, Anda bisa mengakses website Kemenpan RB. Ketiga, ketahui jadwal dan hadir tepat waktu, setidaknya 60 menit sebelum tes SKB berlangsung.

Sebelum ujian dimulai, Anda harus melewati beberapa tahapan administrasi seperti absensi, penyimpanan barang bawaan, serta pemeriksaan identitas, dan sebagainya. Datang tepat waktu juga dibutuhkan untuk membangun kesiapan mental menghadapi SKB CPNS 2021. 

Jadi, materi SKB seleksi CPNS berbeda-beda, antara satu instansi dengan yang lainnya. Seperti namanya, tes ini merujuk dengan bidang yang Anda ambil, jadi pelajari secara mendalam tentang jabatan yang Anda pilih.


IDCPNS

1 Comment

  • Halo ka, apakah idcpns akan adakan skb analis keuangan? Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *