Materi TKP: Inilah Poin Penting yang Jarang Diketahui

 Materi TKP: Inilah Poin Penting yang Jarang Diketahui

IDCPNS – Jakarta, Diantara sekian deretan tes yang diadakan saat ujian CPNS, tes karakteristik pribadi atau materi TKP menjadi tes yang banyak dikeluhkan karena susah. Passing grade untuk tes ini adalah 143 jadi jika nilainya kurang dari itu berarti tidak lolos ke tahap selanjutnya. Tidak ada jawaban yang salah di tes TKP namun masing-masing jawaban memiliki poin dari 1-5.

Dianggap susah karena seluruh jawaban di Tes TKP tersebut merupakan jawaban yang tepat. Adapun perbedaannya, itu sangat tipis sehingga susah untuk menentukan mana jawaban yang tepat. Apalagi, soal di tes tersebut tidak sesuai dengan modul CNPS di buku atau di internet. Agar Anda lebih mudah untuk menjawab dan lolos tes TKP, ada beberapa pon seperti berikut yang dapat membantu Anda.

1. Ketahui Tentang Kisi-Kisi Materi TKP dan Tips Mengerjakannya

Mengapa kisi-kiri yang dipahami dari materi TKP harus menyeluruh? Ini disebabkan karena Anda hendak menjadi ASN, aparatur sipil Negara, yang mana tugasnya adalah melayani masyarakat di Indonesia. Misalnya menjadi guru. Tentunya, kepribadian yang Anda miliki akan berpengaruh pada pekerjaan dan penerimaan masyarakat. Berikut adalah beberapa kisi-kisi materi dan tips mengerjakannya.


2. Materi TKP Tentang Karakteristik Pribadi

Sesuai dengan namanya, tes karakteristik pribadi, maka soal tersebut bersangkutan mengenai kepribadian seseorang. Mulai dari bagaimana cara kemampuan beradaptasi, tanggung jawab, efisiensi kerja hingga penghargaan terhadap orang lain.

Karena tes TKP ini tidak ada jawaban yang benar dan yang salah maka Anda harus memikirkannya dengan baik-baik. Usahakan jika Anda tetap dalam kondisi tenang sehingga bisa memungkinkan Anda untuk membandingkan dan melihat perbedaan dasar dari jawabannya. Jangan lupa untuk tetap fokus. Dengan fokus yang Anda miliki tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk mengerjakan tes TKP dengan lebih baik.

3. Materi TKP Pelayanan Sosial: Pilih yang Berkepentingan dengan Negara

Karena Anda nantinya akan menjadi ASN, maka sebisa mungkin cari jawaban atau keterkaitan antara soal dan jawaban dengan Negara atau organisasi atau khalayak umum. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mencari tahu apakah jawaban tersebut adalah yang terbaik.

4. Ketahui Lebih Dahulu Tentang Standar PNS

Secara tidak langsung, seperti yang diungkapkan oleh Jamylatun Muslimah lewat videonya, bahwa sebagai ASN Anda tidak hanya harus memberikan standar kerja yang tinggi. Akan tetapi Anda juga dituntut untuk memberikan kreatifitas dalam bekerja.

Hal ini disebabkan karena sebagai ASN, sudah ada standar hasil kerja yang tinggi yang ditentukan pemerintah. Karena hal tersebut, mau tidak mau Anda harus bekerja dan memenuhi standar tersebut.

Ini disebabkan karena sebagai ASN, maka mau tidak mau Anda harus siap atas perintah dari atasan termasuk keputusan Negara. Misalnya dalam soal tersebut membandingkan jika ada kejadian yang menimpa keluarga Anda dan Anda sedang dalam masa dinas. Mau tidak mau Anda harus memilih jawaban yang tepat. Anda bisa saja meminta izin namun jawaban tersebut akan kurang tepat karena posisi Anda sedang melaksanakan tugas yang diberikan oleh Negara. Misalnya studi banding. Karena hal tersebut, mau tidak mau Anda harus membandingkan. Apakah perjalanan dinas tersebut lebih penting atau tidak.

5. Perhatikan Kelima Jawaban dengan Bobot Nilai 1-5

Sekali lagi, tes materi TKP tidak ada yang benar yang salah. Hanya ada yang kurang tepat dan yang paling tepat. Jawaban Anda tersebut berpengaruh pada jumlah poin yang akan Anda dapatkan. Karena hal tersebut dalam mengerjakan tes TKP, Anda juga harus menanyakan ke diri Anda sendiri. Misalnya jika ada kejadian seperti di soal, apakah Anda akan melakukan sesuatu seperti jawaban tersebut atau tidak.


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *