Soal TIU Bahasa Indonesia Dalam Tes Cpns

 Soal TIU Bahasa Indonesia Dalam Tes Cpns

Soal Tes Inteligensia Umum atau TIU bahasa Indonesia terlihat sebagai jenis soal yang mudah dikerjakan karena memerlukan tingkat pemahaman yang mudah. Meskipun begitu, pada kenyataannya saat ini justru banyak yang salah dalam mengerjakan soal dikarenakan jawaban yang kurang tepat.

Apalagi dalam tes CPNS, soal bahasa Indonesia membutuhkan penalaran yang lebih tinggi dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan tingkat kesulitan yang dipakai dalam tes CPNS tentu lebih sulit untuk menguji kemampuan peserta.

Contoh Soal TIU Bahasa Indonesia untuk Tes CPNS

Untuk dapat menaklukkan soal TIU bahasa Indonesia, Anda perlu rajin berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan terbiasa berlatih, Anda akan lebih mudah menalar dan memahami soal dengan cepat. Contoh soal bisa banyak Anda temukan di internet. Berikut ini beberapa contoh soal yang bisa Anda pelajari!


Soal 1 TIU Bahasa Indonesia

Berbagai suku bangsa yang berbeda dalam negeri Indonesia, dapat saling berkomunikasi dengan mudah memakai satu bahasa yang dapat dipahami bersama yaitu bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia tersebut, digunakan tanpa menghilangkan identitas kesukuan dan kesetiaan masing-masing suku pada nilai-nilai sosial budaya dan bahasa daerahnya. Pernyataan di atas menyatakan fungsi bahasa Indonesia sebagai…

A. Lambang kebanggaan kebangsaan

B. Lambang identitas nasional

C. Alat pemersatu berbagai suku bangsa

D. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya

JAWAB: C

Pembahasan soal TIU bahasa Indonesia : bahasa Indonesia mempunyai beberapa fungsi dalam penggunaannya, salah satunya adalah sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa. Di Indonesia terdapat banyak suku yang tinggal di daerahnya masing-masing. Agar antar suku dapat berkomunikasi dengan lancar, bahasa Indonesia digunakan karena dapat dipahami seluruh warga negara.

Soal 2

Yang dimaksud dengan kegiatan surat-menyurat ialah…

A. Kegiatan berkomunikasi dengan alat surat

B. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telegram

C. Kegiatan berkomunikasi dengan alat faksimile

B. Kegiatan berkomunikasi dengan alat telepon

JAWAB: A

Pembahasan TIU bahasa Indonesia : sudah dapat dilihat dengan jelas bahwa kegiatan surat menyurat merupakan kegiatan yang menggunakan surat untuk berkomunikasi.

Soal 3

Dalam kegiatan surat menyurat, ada pula bagian tembusan yang digunakan. Tembusan biasanya terdapat dalam surat resmi yang menyangkut pemberitahuan tertentu. Penulisan tembusan yang tepat adalah…

A. Tembusan:

Disampaikan kepada Yth.:

1. Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat;

2. Pertinggal.

B. Tembusan:

Bapak Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat;

Pertinggal.

C. Tembusan:

Yth. Bapak Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat.;

Pertinggal.

D. Tembusan:

1. Kepala kanwil Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Barat.;

2. Pertinggal.

JAWAB: C

Pembahasan TIU bahasa Indonesia : penulisan tembusan dalam surat resmi yang tepat memerlukan sapaan  Yang Terhormat untuk menunjukkan bagian resmi dari surat tersebut. Untuk cara penulisannya, sebagaimana yang terdapat dalam jawaban di atas.

Soal 4 TIU Bahasa Indonesia

Jenis penggunaan kata dibagi menjadi 2 yaitu kata baku dan kata tidak baku. Contoh penulisan kata yang baku terdapat dalam kalimat…

A. Kami sudah mengetrapkan peraturan itu sebagaimana mestinya.

B. Kami sudah menterapkan peraturan itu sebagaimana mestinya.

C. Kami sudah menerapkan peraturan itu sebagaimana mestinya.

D. Kami sudah mentrapkan peraturan itu sebagaimana mestinya.

JAWAB: C

Pembahasan TIU bahasa Indonesia : dalam kalimat tersebut sudah jelas bahwa kata baku yang digunakan adalah menerapkan. Kata baku tersebut berasal dari kata dasar terap yang kemudian diberi awalan dan akhiran dan berubah menjadi menerapkan, bukan menterapkan atau yang lainnya.

Dalam tes CPNS, soal bahasa Indonesia muncul dalam bagian TIU. Soal ini memerlukan wawasan luas. Pastikan untuk giat berlatih agar dapat memperoleh hasil maksimal.


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *