TIU Sinonim: Pengertian, Contoh Soal dan Cara Pengerjaan

 TIU Sinonim: Pengertian, Contoh Soal dan Cara Pengerjaan

IDCPNS – Jakarta, Jika Anda hendak mengikuti tes CPNS, Anda harus melalui tes sebelum diumumkan diterima. Salah satu tes tersebut adalah Tes Intelegensi Umum atau TIU. Tes ini dipergunakan untuk menguji kemampuan verbal, numerik, berpikir logis dan analitis. Walaupun terlihat sederhana, namun tidak sedikit yang gagal di tes ini. salah satu tesnya adalah tes sinonim.

Pengertian TIU Sinonim yang Harus Diketahui

Tes sinonim merupakan salah satu dari jenis tes TIU pada CPNS. Tujuan dari tes ini adalah untuk menentukan persamaan kata dengan cara mencari kata yang lain yang setara atau artinya sama. Jawaban untuk soal tersebut tidaklah mudah. Ini karena jawaban dari pertanyaan memiliki arti yang hampir sama.

Karena itu, untuk lulus dari tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan verbal seseorang ini, Anda harus jeli dan juga teliti. Dengan begitu, ketika lulus menjadi PNS maka Anda akan memiliki kemampuan verbal yang luas dan tepat.


Tips Lolos Ujian TIU Sinonim

Agar Anda lebih mudah mengerti dan memiliki peluang lolos lebih besar saat mengerjakan soal jenis ini untuk tes sinonim, ada beberapa tips berikut ini yang dapat membantu Anda:

1. Perbanyak Membaca

Untuk meningkatkan kemampuan verbal, maka Anda harus memperbanyak waktu untuk membaca. Dari bacaan tersebut, bisa dari majalah atau buku lainnya bahkan dari internet, Anda akan menemukan kosakata baru.

2. Memperbanyak Mendengarkan Berita

Bahasa yang dipergunakan dalam jurnalistik memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan untuk bacaan seperti novel. Bahkan tidak jarang, bahasa yang dipergunakan tersebut mengambil istilah dari bahasa asing (serapan), bahasa daerah dan istilah bidang tertentu. Dengan begitu, Anda tidak hanya bisa menambah kosakata namun juga mengetahui cara peletakan kata yang tepat dan dipergunakan untuk apa.

3. Pergunakan Kamus

Jika Anda mempelajari kamus sepenuhnya, tentu hal tersebut akan membuat Anda menjadi jenuh. Namun, Anda bisa mencatat kata-kata yang Anda kurang mengerti dan mencarinya di kamus. Anda dapat menggunakan buku kamus ataupun kamus online untuk mencari arti kata tersebut.

Trik Sukses TIU Sinonim

Selain tips di atas, ada trik yang bisa Anda aplikasikan tidak hanya saat Anda mempelajari sinonim namun juga saat mengerjakan soal. Trik tersebut adalah:

  • Jangan memiliki kata yang cara pengucapannya mirip. Walaupun ada beberapa yang memiliki sinonim dengan pengucapan yang hampir sama, namun sebagian besar adalah salah. Jadi, cek lebih dahulu dan coba ucapkan apakah kata tersebut mirip ketika diucapkan.
  • Gunakan kalimat umum ketika Anda tidak tahu arti kata tersebut. Jika dalam pengaplikasian tersebut Anda merasa ada beberapa jawaban yang benar, Anda bisa mencoba lagi di kalimat yang paling umum.
  • Mengembalikan ke bahasa aslinya jika kata tersebut merupakan bahasa serapan misalnya dari bahasa inggris. Ini karena akan mudah untuk Anda mencari sinonim dengan bahasa aslinya.
  • Menggunakan waktu sebaik mungkin. Jika Anda merasa bahwa ada salah satu soal yang Anda tidak mengerti sama sekali, Anda bisa melewatinya dan memilih pertanyaan yang lebih mudah. Ini dilakukan agar Anda tidak menghabiskan waktu di 1 soal dan melupakan soal lainnya.

Contoh Soal TIU Sinonim

Soal berikut ini merupakan contoh dari sekian banyak soal sinonim.

  1. Mortalitas : …
    a. Angka kematian
    b. Angka kelahiran
    c. Sebangsa hewan
    d. Gerak
    e. Pukulan

Jawabannya adalah A karena mortalitas merupakan kata serapan yaitu mortality yang artinya adalah angka kematian.

Itulah sekilas mengenai tes TIU sinonim yang ada di ujian CPNS. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dan semoga beruntung di tes Anda!


IDCPNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *